🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Pengertian dan Definisi Sistem Komputer

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated


Pengertian Sistem Komputer
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sistem komputer merupakan sekumpulan komponen yang saling berhubungan satu sama lain, sehingga memungkinkan komponen-komponen tersebut saling berinteraksi satu sama lain untuk melakukan tugas yang telah di instruksikan oleh pengguna atau brainware.

pengertian sistem komputer

Secara umum komponen pada sistem komputer dibagi menjadi tiga yaitu Hardware, Software & Brainware. Ketiga komponen tersebut masing-masing memiliki peran yang sangat penting dalam mengelolah sebuah informasi data. Mereka dituntut harus bekerja beriringan dan apabila salah satu dari komponen tersebut hilang, maka sistem komputer tidak akan mampu bekerja sebagaimana mestinya.

Misalnya: Sebuah komputer tidak akan bekerja tanpa adanya instruksi dari pengguna atau brainware, begitu juga dengan sebuah software tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya sebuah hardware.

Fungsi Sistem Komputer
fungsi sistem komputer
Keyboard digunakan untuk menginput data

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian sistem komputer, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsinya. Sistem komputer memiliki empat fungsi dasar, yaitu:

1. Menginput Data
Sistem komputer berfungsi untuk menginput seluruh jenis data yang telah dimasukkan oleh pengguna melalui perangkat hardware seperti mouse, keyboard, microphone dan yang lainnya.

2. Memproses Data
Sistem komputer berfungsi untuk memproses data. Data yang telah diinput oleh user masih dalam bentuk mentah. Oleh karena itu setelah diinput sistem akan melakukan sebuah process yang mana mentransfer data mentah tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer. Proses data ini dilakukan pada Central Processing Unit yang juga berperan sebagai otak komputer.

3. Menghasilkan Data
Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan sebuah output yang merupakan hasil dari data yang telah diproses. Hasil output tersebut dapat berupa informasi, gambar, suara ataupun video.

4. Menyimpan Data
Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil olahan dari process pada memori komputer

Komponen Utama pada Sistem Komputer
pengertian sistem komputer
Hubungan antara hardware, software dan brainware

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian awal bahwa sistem komputer terdiri dari beberapa komponen yang saling berinteraksi satu sama lain. Komponen-komponen tersebut terdiri atas tiga bagian yaitu:


1. Hardware
Hardware atau biasa kita sebut perangkat keras adalah sebuah komponen dari sistem komputer yang memiliki wujud fisik dan dapat disentuh. Hardware pada sistem komputer juga terdiri dari beberapa unit komponen, yaitu:

Central Processing Unit (CPU)
CPU atau Central Processing Unit adalah otak dari sistem komputer, unit ini bertanggung jawab atas semua kegiatan yang terjadi didalam komputer. CPU berfungsi sebagai pusat pengelolah data dan mengontrol segala perangkat internal maupun yang eksternal yang terhubung pada komputer.
Input Unit
Sebuah data atau instruksi harus di input terlebih dahulu sebelum diolah menjadi informasi yang seperti kita inginkan, oleh karena itu dibutuhkan sebuah unit input yang menjadi sebuah gerbang untuk data yang dari dunia luar masuk ke dalam sistem komputer. Bentuk-bentuk data yang telah diinput akan dikonversi menjadi kode binary sehingga dapat dibaca oleh memori utama. Tentulah bentuk data pada tiap perangkat input berbeda-beda. Misalnya pada perangkat keyboard, bentuk data yang dihasilkan adalah sebuah huruf atau angka, berbeda dengan perangkat input mouse.
Output Unit
Output unit memiliki fungsi yang berkebalikan dengan Input unit. Jika pada input unit data yang dari luar dimasukkan ke dalam sistem komputer, maka output unit sebaliknya. Output Unit menghasilkan sebuah informasi atau data yang merupakan hasil dari pemrosesan pada sistem komputer. Data yang dihasilkan dapat berupa sebuah infromasi, gambar, suara atau video.
Storage Unit
Data atau instruksi yang telah diinput pada sistem komputer melalui unit input terlebih dahulu di simpan pada unit storage sebelum benar-benar diproses. Begitupula dengan hasil data yang telah di proses, data tersebut terlebih dahulu disimpan pada unit storage sebelum dipindahkan pada unit output.
2. Software
Software adalah komponen dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud atau bentuk fisik. Software memiliki wujud digital yang disimpan pada memori komputer. Terdapat berbagai macam jenis kategori software pada sistem komputer, yaitu:

System Software
System Software adalah kategori untuk software yang mengatur dan mengontrol komponen hardware pada komputer yang mana memungkinkan terjadinya interaksi antara hardware dengan tipe software lainnya. Salah satu contoh dari System Software adalah sistem operasi komputer, namun driver pada sebuah device juga dapat digolongkan dalam kategori ini.
Utility Software
Utility Software adalah kategori untuk software yang menjaga dan melindungi sistem komputer namun tidak berhadapan lansung dengan hardware. Contoh software yang termasuk dalam kategori Utility Software adalah software anti-virus, firewall, disk defragmenter dan lainnya.
Application Software
Application software adalah kategori untuk software yang digunakan oleh user untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu. Contoh software yang termasuk dalam kategori Application Software adalah web browser, software office, game dan lainnya.
3. Brainware
Komponen yang terakhir dalam sebuah sistem komputer adalah Brainware. Brainware dapat diartikan sebagai orang maupun perangkat intelektual yang memakai, menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer.

Itulah pengertian sistem komputer dan fungsi sistem komputer beserta ketiga komponen utama yang menjadi dasar sebuah sistem pada komputer sehingga mampu menjalankan tugas dan perintah sebagaimana yang telah anda instruksikan. Tanpa komponen-komponen tersebut, mustahil bagi sistem komputer untuk berjalan secara normal.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.