🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News
Postingan

Sejarah, Pengertian, Jenis-jenis Motherboard

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated
Pengertian Motherboard
 Papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo. Pengertian lain dari motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
Sejarah Motherboard
Motherboard pertama kali dibuat dan diperkenalkan oleh Apple untuk Apple II-nya pada tahun 1997. Papan induk ini dahulu sangat berbentuk ruwert karena sangat mirip sekali dengan CPU dan memori di tempatkan pada satu kartu tersendiri.
Pada tahun 1980 hingga 1990, beberapa periferal digabungkan demi menciptakan motherboard ke dalam bentuk ekonomis dan terlihat lebih simpel serta tipis. Hal pertama kali yang dilakukan, yaitu dengan menggabungkan slot keyboard, mouse, floopy drive dan port serial serta port pararel ke satu motherboard.
“Pengembang awal papan induk ini adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Selain itu, masih ada beberapa produsen moherboard lain dari Taiwan.”
Jika Anda perhatikan, hingga saat ini standar bentuk dari motherboard pun masih berubah-ubah. Standar awal yang pertama kali digunakan digunakan adalah PC/XT, dan dipakai IBM. Setelah itu, muncul lagi AT (Advance Technology). Setelah AT, muncul standar baru yang hingga kini masih digunakan, yaitu ATX (Advance Technology Extension). Standar ATX lalu dimodifikasi menjadi Mini ATX dan Micro ATX.

Komponen Motherboard
1. Soket CPU atau Processor Socket, digunakan untuk menginstal atau menyisipkan prosesor . Ada dua jenis soket  yang kita kenal, yaitu soket LIF soket dan soket  ZIF. LIF singkatan dari Low InsertionForce, yaitu soket model lama, dan ZIF adalah singkatan dari Zero Insertion Force, adalah soket prosesor model baru.
2. North Bridge letaknya selalu dekat dengan soket prosesor, yaitu merupakan salah satu komponen penting dari motherboard. North Bridge adalah titik fokus dari motherboard, dan disebut juga dengan memory controller hub. North bridge terhubung dengan socket Processor, slot RAM serta slot AGP.
3. South Bridgedan North Bridge adalah dua kutub utama motherboard. South Bridge terhubung dengan antarmuka IDE primer dan sekunder, konektor SATA, konektor Floppy Drive, slot PCI dan BIOS.
4. Slot RAM adalah komponen pada motherboard yang digunakan untuk menyisipkan RAM.
5. Slot AGP digunakan untuk memasukkan AGP Card. AGP atau singkatan dari Accelerated Graphics Port, adalah slot untuk kartu grafis yang ditujukan untuk game 3D. Letaknya selalu di samping slot PCI.
6. Slot PCI digunakan untuk menyisipkan Add-on Card, seperti kartu LAN , Kartu Sound , dan kartu TV tuner .PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect.
7. Complimentary Metal Oxide Semicondutor (CMOS) adalah sebuah baterai yang memasok power pada sebuah memori kecil pada motherboard yang berfungsi untuk menyimpan settingan konfigurasi komputer, waktu, dll. CMOS menjaga agar kita tidak perlu mengkonfigurasi hal-hal tersebut setiap kali kita menyalakan computer
8. Primary and Secondary IDE Interfaces juga disebut dengan konektor IDE atau konektor PATA. IDE adalah kependekan dari Integrated Device Electronics, yang mendukung untuk perangkat IDE, seperti Hard disk dan CD dan DVD drive .
9. Konektor SATA juga disebut sebagai konektor Serial ATA.  SATA kependekan dari Serial Advanced Technology Attachment, yang berguna untuk menghubungkan perangkat serial ATA.
10. BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yang juga merupakan salah satu bagian chip penting dari motherboard, untuk melakukan POST ( Power On Self Test ) .


Jenis-Jenis Motherboard
1. Motherboard AT
Jenis motherboard yang pertama adalah motherboard jenis AT atau sering juga dikenal dengan nama AT Baby. Motherboard ini merupakan jenis motherboard klasik, yang sudah tidak digunkaan lagi saat ini. Motherboard ini dikembangkan oleh IBM untuk mendukung penggunaan processor Pentium 2 pada saat itu, tepatnya sebelum tahun 1990-an.
Apabila dibandingkan dengan generasi penerusnya, yaitu ATX, maka motherboard AT ini memiliki banyak kekurangan, seperti mudah mngalami panas dan juga ukurannya yang cukup besar. Saat ini, motherboard AT baby sudah jarang, bahkan tidak digunakan lagi, karena tidak kompatibel dengan teknologi sistem komponen CPU dan perangkat keras komputer saat ini.
2. Motherboard ATX
Jenis motherboard yang kedua adalah motherboard jenis ATX. ATX merupakan kependekan dari Advance Technology Extended. Motherboard ATX ini merupakan pengembangan dari jenis motherboard sebelumnya, yaitu AT / AT Baby yang memiliki banyak kekurangan. Motherboard ATX saat ini merupakan salah satu jenis motherboard standar yang banyak digunakan pada komputer di dunia.
3. Motherboard BTX
Jenis motherboar yang ketiga adalah BTX. BTX merupakan kependekan dari Balanced Technology Extended. Sesuai dengan namanya, motherboard jenis BTX ini menawarkan keseimbangan dalam penggunaan sebuah sistem komputer. Keseimbangan dari penyusunan sistem komputer ini terlihat dari keunggulan BTX dalam hal mengatur suhu. BTX mampu untuk mengoptimalkan sirkulasi udara di dalam komputer, serta mampu untuk melakukan pengendalian panas.
4. Motherboard ITX
Apabila pada motherboard jenis ATX dan juga BTX keduanya sama sama memiliki ukuran yang besar, yaitu berkisar antara 300 mm hingga 200-an mm, maka tidak dengan motherboard jenis ITX. Motherboard jenis ITX atau yang dikenal dengan kepanjangannya, Information Technology Extended ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.
Motherboard ITX didukung oleh Via, yang memiliki factor level kecil, yang sangat pas dan juga cocok untuk dibuat sebagai motherboard pada mini PC, atau juga PC tablet dengan ukuran kecil.
Produsen Motherboard Terkenal
Ada beberapa produsen mortheboard yang terkenal memproduksi motherboard berkualitas hingga saat ini, inilah mereka:
ASUS
Motherboard Asus sangat terkenal dan paling banyak diminati oleh perusahaan pembuatan komputer, para pekerja IT dan penggila komputer rakitan. Asus tak hanya memproduksi motherboard namun juga VGA card untuk AMD dan juga Nvidia. Tak hanya itu ada pula produk gaming case, optical drive, laptop, smartphone, dan peripheral lain.

Gigabyte
Perusahaan ini termasuk perusahaan besar di bidang motherboard. Gigabyte dan Asus adalah pesaing papan atas pasar motherboard. Produksi Gigabyte tak berbeda jauh dari Asus yakni produk VGA card AMD dan Nvidia, gaming peripheral dan banyak lagi.

ASRock
Perusahaan ini dulunya adalah bagian dari Asus namun saat ini telah menjadi perusahaan sendiri dan menjadi pesaing yang tak bisa diremehkan oleh Asus sendiri. Banyak sekali jenis dan type motherboard buatan ASRockdi pasaran sehingga memanjakan para produsen komputer rakitan.

Biostar
Produsen motherboard ini lebih terkenal dengan produk motherboard untuk perusahaan AMD.  Namun begituBiostar juga membuat motherboard untuk chipset Intel.
Ada pula produsen motherboard yang lain seperti MSI, Foxconn, Asus Maximus, EVGA, VVIKOO, ACER, ECS, PCChip, EPOX, Power Color, Zotac, Quanmax, Magic Pro, dan Albatron.


Rekomendasi Motherboard
Untuk penggunaan dalam hal bermain game berat diantaranya:
1. Gigabyte Aorus Z270 Gaming 9
Spesifikasi:
·Supports 7 / 6 Generation Intel Core™ Processors
·Dual Channel Non-ECC Unbuffered DDR4, 4 DIMMs, DDR4 4133+(OC) ®
·Intel USB 3.1 Gen 2 with USB Type-C™ and Type-A
·4-Way Graphics Support with Dual Armor and Ultra Durable™ Design ·EKWB G-Frost Hybrid Water Block
·Triple NVMe PCIe SSDs in RAID 0 Support
·Dual NVMe PCIe Gen3 x4 U.2 Connectors
·Dual Ultra-Fast M.2 with PCIe Gen3 x4 & SATA interface ®
·Intel Optane™ Memory Ready
·Creative Sound Blaster certified ZxRi 120dB+ Audio
·Killer DoubleShot-X3™ Pro for the best networking experience possible ·USB DAC-UP 2 with Adjustable Voltage
·RGB FUSION with Multi-Zone LED Light Show design
·Swappable Overlay for Accent LED
·Smart Fan 5 features Multiple Temperature Sensors and Hybrid Fan Headers
·2 External Thermistors Headers with 2 Included Thermistors
·Extreme 40 Gb/s Thunderbolt™ 3
·Integrated HDMI 2.0 Support
·GIGABYTE UEFI DualBIOS™ with Q-Flash Plus USB Port
·APP Center Including EasyTune™ and Cloud Station™ Utilities
2. ASROCK Z 270 KILLER SLI
Spesifikasi:
·ATX
·ASRock Super Alloy th th ®
·Supports 7 and 6 Generation Intel Core™ ® ® i7/i5/i3/Pentium /Celeron Processors (Socket 1151)
·Supports DDR4 3733+(OC)
·2 PCIe 3.0 x16, 4 PCIe 3.0 x1 ®
·NVIDIA Quad SLI™, AMD Quad CrossFireX™
·Graphics Output Options: HDMI, DVI-D
·7.1 CH HD Audio (Realtek ALC892 Audio Codec), Nichicon Fine Gold Series Audio Caps
·6 SATA3, 2 Ultra M.2 (PCIe Gen3 x4 & SATA3)
·8 USB 3.1 Gen1 (1 Type-C, 2 Front, 5 Rear) ®
·Intel Gigabit LAN ®
·Intel 802.11ac WiFi + BT 4.0
·ASRock RGB LED ®
·Intel Optane™ Memory Ready
3. ASUS ROG MAXIMUS HERO IX
Spesifikasi:
·LGA1151 socket for 7th/ 6th -gen Intel® Core™ desktop processors
·ROG Water Cooling Zone : Dominate your cooling system
·Aura Sync RGB LED: Stunning synchronized effects and two Aura 4-pin RGB-strip headers
·SupremeFX: Exclusive new codec plus intuitive Sonic Studio III and Sonic Radar III
·5-Way Optimization: One-click system-wide overclocking.
·Gaming networking: Intel® Gigabit Ethernet, LANGuard and GameFirst technologies
·Best Gaming connectivity: USB 3.1 front-panel connector, dual M.2 and both USB 3.1 Type-A and Type-C
·Best Gaming durability: Safeslot and premium components for maximum durability.
Rekomendasi untuk penggunaan kantoran
1. Motherboard ASUS H61M-E.
Dengan harga yang berkisar 600ribuan motherboard ini cocok untuk penggunaan kantoran dan spesifikasi yang Support 22/32nm CPU, DDR3 Slots, Intel H61 Chipset, SATA 3Gb/s, VGA port, Audio, PCI Express 3.0/2.0 dapat melakukan berbagai macam seperti menulis laporan, mengirim email, dan menghemat anggaran.
2. Motherboard socket LGA 1155
Memiliki 2 slot RAM DDR3 dengan memori maksimal 16GB. Motherboard rekomendasi untuk komputer kantor ini juga memiliki garansi resmi yang cukup panjang yakni sampai dengan 3 tahun.

Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.